Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Thursday, January 26, 2012

blackberry-bold-9790

/ On : 6:24 AM/ Thank you for visiting my small blog here. If you wanted to discuss or have the question around this article, please contact me e-mail at Gps_86@gmail.com.
BlackBerry belum kehilangan popularitasnya di pasar Tanah Air. Beruntung kecintaan masyarakat Indonesia terhadap produk besutan RIM ini tidak bertepuk sebelah tangan. Salah satu buktinya tentu saja dipilihnya Indonesia sebagai negara pertama di dunia yang diberi kehormatan untuk mencoba Blackberry Bellagio, sang penerus trah Onyx. Lalu selain potongan harga 50%, fitur apa yang membuat ribuan orang rela antri untuk menjadi yang pertama memiliki smartphone ini?

BlackBerry Bold 9790 (Onyx 3) alias Bellagio
Desain
Bellagio membawa 'gen' Onyx pada desainnya. Namun tentu saja dengan sejumlah perbedaan yang cukup mencolok. Bodi bagian atas Bellagio memiliki lekukan yang khas ditemukan pada sesama BlackBerry generasi terbaru, terutama pada Apollo dan Blackberry Monaco. Selain itu bezel logam yang méngelilingi ponsel juga terdapat pada bodi Bellagio.

Meski punya dimensi bodi yang lebih kecil dibanding Dakota, Bellagio tidak lebih tipis dari saudaranya tersebut. Sehingga Dakota masih menjadi BlackBerry paling tipis hingga saat ini. Tapi paling tidak jika dibandingkan dengan Onyx terdahulu, Bellagio masih lebih tipis sehingga terkesan lebih seksi.

Perubahan juga terlihat pada tombol-tombol di bawah layar yang berdampingan dengan trackpad. Kali ini tombol-tombol tersebut tersaji berbentuk kotak dengan sudut membulat seperti pada Monaco.

BlackBerry Bold 9790 (Onyx 3) alias BellagioKamera
Untuk mengabadikan momen ke dalam foto, resolusi maksimal tangkapan kamera Bellagio sama seperti Dakota, begitu pun dengan fiturnya. Selain pengaturan flash, autofocus dan geotagging, Bellagio juga menyediakan 11 pilihan scene mode untuk hasil gambar yang lebih baik dan sesuai keinginan pengguna.

Tidak seperti BlackBerry dengan OS 7 lainnya (kecuali dari jajaran Curve), Bellagio tidak mampu merekam video dalam format definisi tinggi, melainkan hanya sebatas VGA. Pada sektor video tersedia fitur image stabilizer yang memaksimalkan hasil video meski saat direkam terjadi banyak guncangan pada Bellagio. Fitur ini juga ada pada mode kamera foto.

BlackBerry Bold 9790 (Onyx 3) alias BellagioSinkronisasi
Untuk pengguna BlackBerry lawas yang beralih ke Bellagio, dapat memindahkan segala data serta pengaturan yang tersimpan pada perangkat lamanya dengan menggunakan BlackBerry Desktop Software. Cara lain yang menjadi alternatif adalah menggunakan kartu penyimpanan. Pengguna dapat mengakses fitur ini melalui menu setup > device switch > using media card. Namun untuk menggunakan metode ini, perangkat BlackBerry yang digunakan sebelumnya juga harus memiliki fitur yang sama.

Tak hanya itu, ada pula alternatif lain yang dapat dilakukan yaitu menggunakan aplikasi BlackBerry Protect, yang juga harus diinstal pada perangkat lama dan tersedia secara default pada Bellagio.

BlackBerry Bold 9790 (Onyx 3) alias BellagioDisplay
Seperti halnya Dakota dan Torch, layar pada Bellagio tidak hanya berfungsi sebagai display, melainkan juga sebagai panel sentuh untuk memudahkan navigasi antar menu. Sayangnya layar Bellagio tak seluas kedua pendahulunya tersebut, bahkan Bellagio adalah smartphone BlackBerry layar sentuh dengan layar paling sempit saat ini.

Soal kualitas tampilan, Bellagio bisa dikatakan sama baiknya dengan Dakota. Apalagi smartphone ini juga didukung teknologi fluid graphics yang membuat pengguna bisa merasakan waktu respon yang cepat serta rendering yang lebih halus ketika menjelajah setiap menu pada ponsel ini.

Blackberry OS 7
Bagi pengguna BlackBerry, sektor ini termasuk yang paling penting untuk diperhatikan. Meski secara tampilan mirip pada versi 7, RIM menawarkan pembaruan pada sejumlah fitur BlackBerry OS.
Fitur universal search yang sudah lebih dulu muncul pada BlackBerry OS versi 6 kini semakin menarik karena selain menggunakan kata kunci yang diketikkan pada search bar, pencarian juga dapat dilakukan melalui input suara oleh pengguna berkat tambahan voice search.

Disamping pada sektor interface peningkatan fitur juga bisa ditemukan pada browser, fitur sosial, dan konektifitas yang akan Kami bahas lebih lanjut. Saat digunakan BlackBerry OS 7 pada Bellagio relatif lebih stabil dari versi sebelumnya yang sering kali lag.

BlackBerry Bold 9790 (Onyx 3) alias BellagioBrowser
Dari segi tampilan dan fitur, Anda mungkin tidak akan merasakan perbedaan antara browser BlackBerry versi OS 6 dan versi 7. Seperti halnya browser pada OS 6, browser OS 7 milik Bellagio ini juga telah dilengkapi kemampuan multi tab browsing dan pinch zooming.

Tapi bukan berarti tidak ada pengembangan pada browser OS 7, sebab RIM telah mengintegrasikan JavaScript engine terbaru yang membuat browser ponsel ini mengalami peningkatan kecepatan hingga 40% dalam membuka halaman situs dibanding versi terdahulu disamping panning dan zooming yang lebih halus. Dukungan terhadap video HTML5 juga menjadi poin penting browser BlackBerry pada versi ini.

Konektifitas
Untuk menghubungkan Bellagio ke internet tersedia alternatif yang siap dipilih, seperti BlackBerry internet service (BIS), jalur data operator, maupun via wifi. Namun ada pula fitur yang hanya dapat digunakan melalui BIS, misalnya BlackBerry Messenger (BBM).

Pengembangan penting yang dilakukan RIM pada BlackBerry OS 7 salah satunya terdapat pada sektor konektivitas, dimana pada versi ini BlackBerry telah dilengkapi dengan fitur NFC (near field communication) yang memungkinkan Bellagio untuk melakukan pairing atau berkirim data dengan perangkat lain dengan cara yang jauh lebih mudah.

BlackBerry Bold 9790 (Onyx 3) alias BellagioFitur Sosial
Berbeda dengan perangkat BlackBerry dengan OS lebih lawas, Bellagio dan sejumlah BlackBerry generasi baru lainnya telah dilengkapi dengan aplikasi jejaring sosial dan IM secara default, seperti Facebook, Twitter, Yahoo Messenger dan Google Talk.

Yang paling menarik tentu saja aplikasi unggulan RIM, BlackBerry Messenger versi 6 yang kini dapat dihubungkan dengan sejumlah aplikasi pihak ketiga yang memiliki fitur BBM Connected.

Eksis di dunia jejaring sosial menjadi semakin asik berkat aplikasi socialfeeds yang mengintegrasikan sejumlah layanan jejaring sosial dan IM seperti Facebook, Twitter, Yahoo Messenger, Google Talk dan tentu saja BBM kedalamnya. Fitur ini membuat pengguna dapat lebih mudah memantau update terbaru dari teman-teman di sejumlah layanan jejaring sosial dan IM tersebut.
Anda dapat memilih aplikasi apa saja yang terintegrasi dengan SocialFeeds, caranya tekan tombol menu saat berada dalam aplikasi Social Feeds, pilih Options>Integrated Applications dan tandai layanan yang diinginkan untuk terintegrasi dengan aplikasi ini.

Kesimpulan
Selain desain dengan bentuk yang lebih elegan dan tipis, Bellagio juga menawarkan pengalaman yang berbeda dari BlackBerry Onyx seri sebelumnya yaitu dengan memiliki dual input, papan ketik QWERTY sekaligus layar sentuh. Sayangnya layar Bellagio tak seluas Bold 9900 atau Torch sehingga agak menyulitkan bagi pengguna berjari besar.
Meski begitu sejumlah fitur dan keunggulan BlackBerry OS versi paling anyar bisa Anda rasakan pada Bellagio, mulai dari kinerja yang lebih baik, browser lebih cepat, dukungan terhadap teknologi NFC hingga pengembangan pada sejumlah sektor penting lainnya.

http://medoho.blogspot.com/2011/12/blackberry-bold-9790-onyx-3-alias.html

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Advertisement

Compare hotel prices and find the best deal - HotelsCombined.com